Pentingnya Pembelajaran Sosial Emosional

Komunitas Belajar SMAN 1 Mejobo atau biasa dikenal Kombes, kembali mengadakan berbagi praktik baik. Kegiatan praktik baik kali ini mengangkat tema tentang Pembelajaran Sosial Emosional (PSE). Kegiatan berlangsung pada 22 April 2024 di ruang guru. Kegiatan diikuti oleh dewan guru dan staff tata usaha.

Ajib Setyo S.Pd M.Pd selaku Kepala SMAN 1 Mejobo Kudus mengatakan bahwa komunitas belajar ini harus bisa dijadikan tempat belajar bagi semua guru dan karyawan. Beliau juga mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan wellbeing siswa adalah dengan pengoptimalan Pembelajaran Sosial Emosional.

begitu juga dengan Shofyan Hakim, S.Pd, salah satu pembicara di acara tersebut mengatkan bahwa seorang guru perlu memahami kondisi sosial emosional siswa.”Kita harus bisa mengukur tingkat kesiapan siswa sebelum mendapatkan pembelajaran. hal ini akan mempengaruhi kefektifan siswa dalam menangkap pembeljaran” ujar Guru Penggerak Angkatan 9 ini.

Pembicara lain dalam berbagi praktik baik ini adalah Rahaju S.Pd. Beliau yang juga selaku pengajar praktik menyampaikan bahwa Pembelajarn Sosial Emosional bukanlah hal baru di ruang sekolaj. Para guru sebanrnya sudah memiliki kemampuan tersebut. tinggal bagaimana cara kita mengelola keadaan sosial emosional tiap-tiap anak.